Stay at Home ala Dewa Eka Prayoga

Satu tahun lebih Indonesia bahkan dunia mengalami krisis akibat pandemi Covid-19 yang telah membuat perubahan tata kehidupan, begitu juga di dunia bisnis. Tidak sedikit instansi atau lembaga mengadakan seminar online sebagai upaya bangkit dari keterpurukan ekonomi. 

Sebagai Dewa Selling atau kerap dipanggil dengan Kang Dewa tidak hanya sukses di bisnis pribadi, tetapi juga telah membantu pebisnis online untuk meningkatkan omzetnya melalui Belanja.id yaitu sebuah platform yang memudahkan pebisnis berjualan di Instagram.  Sebagai founder Belanja.id, Kang Dewa mengaku 90% anggotanya adalah para “emak-emak”, begitu Kang Dewa menyebutnya. Ini artinya wanita juga mampu berbisnis, hanya dengan mengandalkan ilmu digital marketing dan juga hanya duduk di rumah. Kang Dewa mengatakan bahwa di tengah kesulitan akibat pandemi, sebenarnya ada peluang besar di dunia bisnis, dan inilah yang harus dimanfaatkan oleh pengusaha maupun orang yang belum pernah terjun ke dunia bisnis sekalipun. 

Sejak tahun 2014, Kang Dewa sudah menerapkan go online pada bisnisnya. Maka adanya pandemi ini tidak begitu menjadi masalah utama, meskipun tidak bisa dipungkiri jika omzet jelas merosot hingga 50%.  Lalu apa yang menyebabkan ini semua terjadi?

Efek Covid-19 pada dunia bisnis yaitu terjadinya perubahan perilaku dasar dan juga perubahan daya beli. Perilaku belanja offline menjadi belanja online karena memang himbauan pemerintah untuk stay at home sehingga aktivitas di luar rumah jadi terbatasi. Kemudian juga terjadi penurunan daya beli. Hal ini terjadi karena ada ketakutan atau kekhawatiran orang akan pandemi yang berlangsung lama. Sementara pekerjaan dan penghasilan belum jelas, sedangkan pengeluaran tetap ada. Jika mengarah pada teori Maslow, maka terjadi saat ini merupakan ilustrasi piramida terbalik. Di mana kebutuhan pokok menjadi puncak piramida yang menjadi fokus untuk terpenuhi.

Sebagai orang yang pernah bangkit dari jeratan utang 7,7 Milyar karena kebangrutan dalam bisninya, Kang Dewa memberikan solusi untuk para pengusaha yang terdampak akibat pandemi. 

Menurut Kang Dewa, pengusaha harus memiliki 4 karakter sebagai leader.

Pertama yaitu ownership, yaitu rasa memiliki. Baik secara materiil maupun immateriil. Kedua adalah responsible, yaitu memiliki rasa tanggung jawab. Sudah menjadi tugas pemimpin bertaggung jawab atas perusahaan dan juga karyawan. Ketiga, accountable yaitu memiliki rasa tanggung gugat. Dan yang ke empat yaitu care. Peduli terhadap semua pihak yang bersangkutan dengan perusahaan. 

Ketika pebisnis memiliki 4 karaktek tersebut, apapun yang terjadi, di tengah pandemi pun, harus mampu memecahkan solusi. Kang Dewa mengarahkan bagi pelaku bisnis untuk tetap tenang, dan tetap mengikuti anjuran pemerintah. Tetap memperkerjakan karyawan meskipun dengan work from home. Jika terpaksa melakukan PHK, jangan lakukan secara besar-besaran. Oleh karena itu seorang leader harus mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat, sehingga proses eksekusi srtateginya juga sesuai dan hasilnya sesuai harapan.

Terakhir, sebagai leader harus memikirkan dua hal. Yaitu cash flow atau keberlangsungan hidup perusahaan dan juga team yaitu keberlangsungan karyawan. Jadi, jangan pelit mengeluarkan uang untuk kesejahteraan karyawan. Karena bagaimana pun juga karyawan adalah orang yang membantu kesuksesan sebuah perusahaan.

Selain itu bagaimana jadwal Kang Dewa selama stay at home di rumah? Bisa dilihat dari gambar di bawah ini. 


Semoga semua hal di atas bisa menginspirassi kita semua.


Terinpirasi dari: www.bernas.id


Post a Comment

0 Comments