Tips dan Trick Modifkasi Kayu Jati Belanda

Kali ini saya tidak berbicara tentang ide-ide tentang bisnis atau pun kuliner, melainkan tentang sebuah ide untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang ada, yang bisa kita pakai.sebagai alat dan perabotan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.


Salah satu yang bisa dipakai adalah pemanfaatan kayu palet yang merupakan barang bekas pakai setelah packing barang. Pada postingan kali ini memang saya mendapatkan beberapa contoh tentang pemanfaatan kayu palet yang bisa dipakai sebagai barang yang berguna untuk barang atau perabotan rumah tangga.

Tips dan Trik Modifikasi Kayu Jati Belanda
Kayu Jati Belanda (Sumber Gambar dari Facebook)

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kayu palet itu sebenarnya adalah kayu jati Belanda dan merupakan kayu bekas palet atau bekas peti kemas import. Dan yang perlu diingat adalah meskipun namanya kayu Jati Belanda, namun kayu tersebut bukan berasal dari Belanda.

Sering terdapat perntanyan mengapa dinamakan kayu jati Belanda untuk menyebut kayu palet tersebut?. Hal ini disebabkan kayu ini merupakan kayu bekas palet atau peti-peti pengemas barang-barang impor yang sebagian besar diangkut dengan kapal laut yang kebanyakan di impor dari Negara-Negara Eropa. Dan kemudian orang Indonesia lebih akrab dengan istilah atau kata lain kayu Jati Belanda atau Jati Londo (jawa) atau kayu bekas peti kemas atau kayu palet.

 
TIPS DAN TRIK MODIFIKASI KAYU JATI BELANDA
Kayu Jati Belanda (Sumber Gambar dari Facebook)


Kayu Jati Belanda atau disebut juga dengan Jati Londo (Penamaan menurt bahasa Jawa), kayu adalah kayu yang memilki corak alur serat yang menonjol  dan berwarna cerah dan memiliki tekstur haus dibandingkan dengan kayu lainnya.

Selain itu, Kayu Jati Belanda lebih ringan dari jenis kayu jati jawa atau kayu lainnya yang jauh lebih keras dan lebih berat. Oleh sebeb itu kayu ini sangat diminati untuk sebagai bahan dasar furniture atau dekorasi ruangan. selain dari corak yang bagus kayu jati belanda sendiri harganya yang relatif murah.
Dengan karakteristik yang cukup lunak sehingga mudah pengolahan atau membentuknya. Oleh karena itu penggunaan Kayu Jati belanda dianjurkan untuk kebutuhan furniture rumah tangga indor atau dekorasi. Dan penggunaan kayu Jati Belanda ini tidak dianjurkan untuk pembuatan pagar atau furniture yang bersentuhan langsung dengan air secara langsung, Karena pori pori atau serat kayu jati jenis ini tidak terlalu rapat atau padat.

TIPS DAN TRIK MODIFIKASI KAYU JATI BELANDA
Kayu Jati Belanda (Sumber Gambar dari Facebook)

 
Dengan kelebihannya tersebut saat ini mulai banyak orang-orang yang memilih jati Belanda sebagai furniture minimalis untuk mempercantik rumah dan perabotan.

Post a Comment

0 Comments