Proses Mengenalkan Usaha

Memiliki usaha sendiri mungkin bisa saja menjadi sebuah kebanggaan. Namun untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam usaha dibutuhkan suatu proses yang panjang. Mungkin tidak saja kesabaran dalam menunggu proses dan juga seluruh modal yang dibutuhkan dalam memperbesar bisnis, namun juga banyak faktor lain. Selain faktor memperbaiki kualitas produk yang dijual dan juga faktor pendukung lainnya, hal yang paling penting adalah bagaimana agar bisnis dan produk yang dijual bisa dikenal olah masyarakat sehingga bisa menjadi konsumen yang loyal. Maka salah satu caranya adalah proses mengenalkan usaha termasuk semua produk yang anda jual.


Satu hal penting adalah bagaimana memasarkan secara efektif agar produk yang dijual bisa dikenal orang. Banyak cara yang bisa dilakukan, saya mengambil contoh tempat kuliner dan berikut yang dijual, terdapat dua tempat kuliner yang sama-sama berdiri di tahun yang sama sekitar tahun 2014, dan perkiraan bulannya sama sekitar bulan September atau Oktober 2014.

Tempat kuliner ini yaitu D&C 19 – Depot & Cafe, dan yang satunya adalah sebuah angkringan, yaitu Angkringan Cak Kasan. Saya coba membandingkannya, untuk memberikan semangat pada kita semua, tentang usaha kuliner.

1. Angkringan Cak Kasan

Angkringan ini berlokasi di Jalan A. Yani di sebuah ruko di utara RSUD Dr. Moh Saleh Kota Probolinggo. Tempat kuliner ini masih memiliki skala kecil, hal ini dapat dilihat dari volume usahanya yang belum begitu besar, hanya makanan dalm satu gerobak saja. Dan pemiliknya langsung yang langsung terjun bersama keluarganya, hanya dua orang pengelolala merangkap pemilik, pengelola, pelayan dalan banyak tugas yang dilakukannya di tempat angkringan ini.

Angkringan Cak Kasan
Angkringan Cak Kasan

Ruko masih kontrak. Namun yang memperkuat angkringan ini adalah, kualitas makanan dan jenis minuman ditambah lagi pengelolanya yang siap membantu pembeli bila membutuhkan bantuannya dalam memilih makanan yang dibutuhkan.

Angkringan Cak Kasan
Promosi dari costumer

Untuk promosi, di awal menggunakan semua media sosial mulai facebook (Angkringan Cak Kasan), Instagram, Google Bisnis, dan juga website (www.angkringancakkasan.blogspot.com). Dan kebetulan karena lokasi usaha yang enak untuk nongkrong, pengunjug ada yang sengaja menikmati berfoto sambil menikmati makan.

2. D&C 19.

D&C 19 ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Kota Probolinggo. Sepertinya tempat kuliner ini cukup beruntung dengan modal, baik dalam bentuk aset tetap yag sudah milik sendiri dan juga besarnya modal untuk perputaran usaha.

D&C 19

Hal ini bisa dibuktikan dengan cepatnya tempat ini bisa mengembangkan asetnya sebagai tempat usaha, baik dengan bentuk sebagai tempat nongkrong dan juga tempat makan.

D&C 19
Dipromosi oleh media cetak

Selain itu, juga memiliki karyawan yang banyak. D&C dengan tempatnya yang luas menjadikan tempat kuliner menjadi tujuan bagi rombongan dan juga instansi untuk menikmati kuliner di tempat ini.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

Post a Comment

0 Comments